Sabtu, 25 Mei 2013

Kejadian Luar Angkasa

Tugas ini ada juga di blog saya nurulpsikologi.blogspot.com


KEJADIAN LUAR ANGKASA
“BUMI MEMANCARKAN GELOMBANG BUNYI”
Satelit kembar Radiation Belt  Strome Probe (RBSP) milik Badan Amerika Serikat (NASA) yang baru diluncurkan pada 30 Agustus 2012 denga tujuan untuk mempelajari Sabuk Van Allen yang mengelilingi Bumi, khususnya mengungkap partikel pembentuk sabuk radiasi.Ternyata menangkap gelombang radio yang mirip sebuah kicauan dan siulan yang dipancarkan magnetosfer bumi pada Rabu 5 September 2012.
Ruang angkasa merupakan ruang yang kedap atau hamba udara tapi dalam proses penerimaan gelombang bunyi yang dipancarkan oleh bumi tidak mengalami hambatan, buktinya mampu terdengar oleh astronot jika melepaskan helm yang dikenakannya.
Menurut Craig Kletzing dari University of Iowa seorang peneliti utama Electric and
Magnetic Field Instrument Suite and Integrated Science (EMFISIS), instrumen yang ada dalam dua satelit tersebut. Ia mengatakan, manusia sejatinya sudah mengetahui suara ini selama beberapa dekade. Suara ini dipancarkan oleh partikel energik di tingkat atas dari magnotosfer bumi, sebelum akhirnya berbalik ke sabuk radiasi yang mengelilingi bumi.
Dalam Daily Mail menurut Craig Kletzing, “Penerimaan gelombang radio terbiasa menangkapnya,terdengar seperti kicauan burang”. Satelit kembar RBSP mengelilingi Bumi dalam orbit elips, kadang-kadang melayang rendah 37s mil di atas tanah, terkadang hingga ketinggian 20.000 mil.
Sumber:
Teknologi.news.viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar