Rabu, 01 Mei 2013

Bahan Kimia yang Digunakan Sebagai Senjata Kimia



Bahan Kimia yang Digunakan Sebagai Senjata Kimia

Penggunaan senjata kimia sudah dimulai dilakukan saat Perang Dunia 1 bahan kimia yang digunakan adalah gas klorin yang tentunya tidak dalam jumlah yang sedikit.
Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan klorin ini sangat berbahaya seperti penipisan lapisan ozon dan pemanasan global, banyak menewaskan ribuan korban jiwa dan orang-orang yang masih selamat pun mengalami gangguan kesehatan yang sangat berat seperti kesulitan bernapas dan edema paru-paru.
Bahan kimia yang digunakan sebagai senjata kimia tidak hanya gas klorin, berikut ini adalah macam-macam bahan kimia yang digunakan sebagai senjata kimia :

  1. VX : Racun berbahaya dalam bentuk cair dan uap. Bahan kimia ini dinilai 100 kali lebih beracun melalui sentuhan terhadap kulit daripada saraf dan dua kali lebih berbahaya melalui pernapasan. Dampak dari penggunaan VX adalah menyebabkan kematian beberapa menit setelah terkena sebab bahan kimia tersebut menyerang otot yang dikendalikan dalam keadaan aktif.

  1. Sarin : Komponen yang sangat beracun dalam bentuk cair maupun gas. Dampak dari penggunaan Sarin adalah menyebabkan kematian dalam beberapa menit sebab Sarin menyerang system syaraf pusat , bahan kimia tersebut dapat memasuki malalui pernapasan, pencernaan, mata, dan kulit.

  1. Hydrogen cyanide : Sangat mudah terbakar, tidak berwarna alam bentuk cair maupun gas. Dalam keadaan terbakar menyebarkan racun dan dapat memicu terjadinya ledakan. Hydrogen cyanide menyerang melalui system syaraf pusat. Dampak yang ditimbulkan berupa gangguan pernapasan, iritasi mata, dan kulit.

  1. Sulfur Mustards : Gelembung dan unsur perantara alkali. Bahan kimia ini tidak berwarna dalam keadaan murni, secara umum berwarna kuning hingga coklat dan sedikit berbau bawang putih. Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan Sulfur Mustard menyebabkan luka pada mata, kulit, dan saluran pernapasan.

Menurut pendapat saya, pengunaan bahan kimia sebagai senjata kimia justru hanya menimbulkan dampak buruk, banyak dari korban pengunaan bahan kimia sebagai senjata kimia memiliki gangguan kesehatan yang sangat berat, kecatatan, bahkan hingga mengalami kematian. Sebaiknya penggunaan bahan kimia sebagai senjata kimia perlu diatur dalam kebijakan yang jelas di setiap negara, sehingga mampu mempertimbangkan dampak dan manfaat dari penggunaan bahan kimia sebagai senjata kimia untuk ke depannya
Nurul fatikah (15512532) 1PA05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar