Ilustrasikan Jika Kalian Mempunyai
Perusahaan Bagaimana Me-manage Perusahaan Tersebut Agar Sukses
Jika saya memiliki perusahaan
misalnya perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Beberapa hal yang perlu saya
perhatikan :
1.Strategi Pemasaran
Pada dasarnya strategi pemasaran memberikan arah dalam
kaitannya dengan variabel-variabel seperti segmentasi pasar, identifikasi pasar
sasaran, pemosisian, dan elemen bauran pemasaran. Setelah mempelajari modul ini
diharapkan dapat:
1. Menyebut dan menjelaskan strategi pemasaran dan
tujuan perusahaan.
2. Menyebut dan menjelaskan segmentasi pasar
3. Menyebut dan menjelaskan pasar sasaran
4. Menjelaskan positioning
5. Menetapkan komposisi yang terbaik dari marketing
mix untuk mencapai pasar sasaran yang dituju.
Pemasaran merupakan kegiatan perusahaan di dalam
membuat perencanaan, menentukan harga, produk, mendistribusikan barang dan jasa,
serta promosi. Adapun proses pemasaran meliputi 6 tahap yaitu
a. Analisis Kesempatan pasar : Menganalisis peluang
pasar agar dapat digunakan untuk mencapai tujuan.
b. Pemilihan pasar sasaran : Tujuannya untuk
menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.
c. Strategi Peningkatan posisi Persaingan : Menentukan
jasa apa yang akan ditawarkan ke konsumen.
d. Pengembangan sistem pemasaran
e. Penyusunan rencana pemasaran : Keberhasilan
perusahaan terletak pada kualitas rencana jangka panjang maupun pendek. Adapun
komponen penyusunan rencana pemasaran yaitu analisis situasi pasar, tujuandan
sasaran pemasaran, serta strategi pemasaran.
f. Penerapan rencana dan pengendaliannya.
2.Pengelompokkan Konsumen
Kelompok konsumen yang disusun dengan berdasarkan
cirri-ciri yang sama disebut segmen pasar. Segmentasi pasar adalah tindakan
membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari sebuah produk kedalam
satuan-satuan pasar yang bersifat homogen. Segmentasi pasar dilakukan karena
perilaku konsumen itu sangat beragam, sehingga perlu dilakukan segmentasi pasar
agar menjadi lebih homogen. Adanya pasar yang lebih homogen akan memudahkan
perusahaan menyusun program pemasaran yang jitu, sehingga program pemasaran
yang dirancang akan meningkatkan penjualan dan dapat menghemat biaya.
3. Pemosisian Produk
Positioning adalah kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan
produknya kepada pemikiran konsumen,sehingga konsumen beranggapan bahwa produk perusahaanya
berbeda dengan produk sejenis yang dibuat oleh perusahaan lain. Fokus utama
Positioning adalah pada persepsi pelanggan dan bukan sekedar fisik yang
dihasilkan. Keberhasilan positioning sangat ditentukan oleh kemampuan
perusahaan untuk mendiferensiasikan dirinya secara efektif dibandingkan dengan
para pesaingnya,yaitu dengan menyampaikan tau memberikan nilai superior kepada
pelanggannya.Nilai superior ini bisa berupa produk yang berkualitas,pelayanan
yang baik,personil yang professional,dan citra yang baik.
Referensi : BUKU_4_MODUL_3_MANAJEMEN_USAHA_KECIL.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar