Senin, 20 Oktober 2014

Psikologi Manajemen


Ilustrasikan Jika Kalian Mempunyai Perusahaan Bagaimana Me-manage Perusahaan Tersebut Agar Sukses

Jika saya memiliki perusahaan misalnya perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Beberapa hal yang perlu saya perhatikan :
1.Strategi Pemasaran
Pada dasarnya strategi pemasaran memberikan arah dalam kaitannya dengan variabel-variabel seperti segmentasi pasar, identifikasi pasar sasaran, pemosisian, dan elemen bauran pemasaran. Setelah mempelajari modul ini diharapkan dapat:
1. Menyebut dan menjelaskan strategi pemasaran dan tujuan perusahaan.
2. Menyebut dan menjelaskan segmentasi pasar
3. Menyebut dan menjelaskan pasar sasaran
4. Menjelaskan positioning
5. Menetapkan komposisi yang terbaik dari marketing mix untuk mencapai pasar sasaran yang dituju.
Pemasaran merupakan kegiatan perusahaan di dalam membuat perencanaan, menentukan harga, produk, mendistribusikan barang dan jasa, serta promosi. Adapun proses pemasaran meliputi 6 tahap yaitu
a. Analisis Kesempatan pasar : Menganalisis peluang pasar agar dapat digunakan untuk mencapai tujuan.
b. Pemilihan pasar sasaran : Tujuannya untuk menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.
c. Strategi Peningkatan posisi Persaingan : Menentukan jasa apa yang akan ditawarkan ke konsumen.
d. Pengembangan sistem pemasaran
e. Penyusunan rencana pemasaran : Keberhasilan perusahaan terletak pada kualitas rencana jangka panjang maupun pendek. Adapun komponen penyusunan rencana pemasaran yaitu analisis situasi pasar, tujuandan sasaran pemasaran, serta strategi pemasaran.
f. Penerapan rencana dan pengendaliannya.

2.Pengelompokkan Konsumen
Kelompok konsumen yang disusun dengan berdasarkan cirri-ciri yang sama disebut segmen pasar. Segmentasi pasar adalah tindakan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari sebuah produk kedalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen. Segmentasi pasar dilakukan karena perilaku konsumen itu sangat beragam, sehingga perlu dilakukan segmentasi pasar agar menjadi lebih homogen. Adanya pasar yang lebih homogen akan memudahkan perusahaan menyusun program pemasaran yang jitu, sehingga program pemasaran yang dirancang akan meningkatkan penjualan dan dapat menghemat biaya.

3. Pemosisian Produk
Positioning adalah kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada pemikiran konsumen,sehingga konsumen beranggapan bahwa produk perusahaanya berbeda dengan produk sejenis yang dibuat oleh perusahaan lain. Fokus utama Positioning adalah pada persepsi pelanggan dan bukan sekedar fisik yang dihasilkan. Keberhasilan positioning sangat ditentukan oleh kemampuan perusahaan untuk mendiferensiasikan dirinya secara efektif dibandingkan dengan para pesaingnya,yaitu dengan menyampaikan tau memberikan nilai superior kepada pelanggannya.Nilai superior ini bisa berupa produk yang berkualitas,pelayanan yang baik,personil yang professional,dan citra yang baik.

Referensi : BUKU_4_MODUL_3_MANAJEMEN_USAHA_KECIL.pdf




Tidak ada komentar:

Posting Komentar